Laman

Kamis, 29 Maret 2012

Tips Memahami Pelajaran dengan Baik



Untuk mengikuti tips ini, anda disarankan paling tidak memiliki buku materi (textbook), dan mengikuti pelajaran di sekolah :
1. Sebelum mengikuti pelajaran baca bagian yang akan dibahas sekilas. Usahakan untuk menangkap pesan umumnya tanpa harus mencatat detail atau menggarisbawahi di buku yang dibawa.
2. Setelah mengikuti pembahasan di kelas, baca ulang bagian tersebut. Lengkapi dengan catatan, garis bawah, dsb.
3. Kerjakan soal-soal latihan yang ada di buku tersebut. Mungkin pada tahap ini anda belum dapat mengerjakan semua soal, karena itu jangan sampai anda menggunakan waktu terlalu banyak untuk memikirkan suatu soal. Tinggalkan dulu nanti lain waktu anda kembali ke soal tersebut.
4. Tanyakan soal yang anda tidak dapat selesaikan tadi ke guru atau ke kakak kelas, atau siapa saja yang anda pandang lebih tahu. Usahakan sampai anda tahu cara penyelesaian dan alasan untuk sampai pada penyelesaian.
5. Baca kembali buku dan catatan anda, kali ini membaca buku bertujuan untuk lebih memahami konsep dan mengoreksi catatan. Menjelang ujian atau ulangan, cukup anda baca catatan saja, dan sekilas lihat lagi buku latihan soal.

By Sisk@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar