Laman

Kamis, 29 Maret 2012

Bersyukurlah



Syukur dapat diartikan sebagai mempergunakan suatu pemberian Allah sesuai dengan yang ditentukan oleh Allah. Termasuk dalam golongan orang yang tidak bersyukur ialah orang yang tidak mempergunakan pemberian Allah dan membiarkan pemberian itu begitu saja.
Beberapa tindakan yang menandakan rasa syukur ialah :
1. Merasa gembira atas suatu pemberian yang diterima
2. Menyatakan kegembiraan dengan ucapan dan perbuatan
3. Memelihara pemberian dengan baik dan mempergunakannya sesuai dengan yang dikehendai oleh pemberi
4. Membalas pemberian tersebut. Jika kepada Allah maka dibalas dengan mempergunakan karuia-Nya dengan landasan patuh dan taat kepada-Nya. Jika kepada manusia, maka pemberian itu dibalas dengan pemberian lain atau sekurang-kurangnya dengan do’a
Beberapa sebab kufur nikmat :
1. Karena kebodohan. Harta kekayaan atau sebagainya yang dianugerahkan oleh Allah tidak dapat mereka fahami sebagai nikmat Allah. Bahkan mereka merasa datangnya atas usaha mereka . Mereka lupa dan lalai bahwa itu ialah nikmat Allah yang perlu dibalas dengan rasa syukur. Apabila mereka ditimpa bencana atau sakit, atau kesusahan, mereka mulai memohon pertolongan Allah.
2. Ada orang yang mengetahui nikmat Allah tetapi enggan bersyukur atau melakukan tindakan yang menyatakan syukur. Ini disebabkan karena mereka terpengaruh oleh hawa nafsu.
3. Kufur nikmat disebabkan mereka yang selalu melihat ke atas dan tidak melihat ke bawah. Disebabkan ia selalu melihat ke atas maka ia biasanya tidak mudah merasa cukup dengan apa yang dia ada. Dia selalu ingin menambah apa yang ada padanya dan merasa tidak cukup apa yang ada. Jika ia memandang ke bawah tentu ia merasa syukur karena ia mempunyai lebih dari orang lain.

Bencana yang menimpa juga perlu diterima dengan rasa syukur kerana:
1. Setiap bencana yang menimpa kita haruslah diterima dengan rasa syukur kerana Allah sebenarnya dapat menimpakan bencana yang lebih besar.
2. Bencana yang ditimpakan adalah merupakan peluang untuk memperoleh ganjaran di sisi Allah yaitu ganjaran kerana ia bersabar. Firman Allah "Sesungguhnya orang-orang yang sabar itu akan dipenuhi pahalanya tanpa ada batas hitungannya." (QS. Az Zumar 10)
3. Suatu bencana dari Allah di dunia adalah merupakan kifarat kepada dosa yang kita telah lakukan agar kita insaf. Bayangkan jika Allah tangguhkan hukumanNya hingga akhirat, maka kita akan lebih menderita karena satu hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia serta siksaan di akhirat adalah jauh lebih mengerikan. Sabda Rasulullah:"Jika Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hambaNya, maka Ia turunkan siksaanNya di dunia dan jika menghendaki kebinasaanNya, maka ia menangguhkan dosanya hingga Ia membalasnya di akhirat." Durratun Nashihin

Balasan bagi mereka yang bersyukur :
1. Orang yang bersyukur tidak akan disiksa oleh Allah: Firman Allah: "Mengapa Allah menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui." (QS. An Nisaa 147)
2. Orang yang bersyukur diberi tambahan nikmat oleh Allah. Firman Allah: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, nescaya akan Ku tambahkan nikmat Ku dan jika kamu kufur, maka sesungguhnya azabKu amatlah pedih" (QS. Ibrahim 7)
3. Orang yang bersyukur akan merasakan ketenteraman jiwa dan memiliki sifat merasa cukup dengan apa yang ada (qanaah). Dia tidak merasa resah kerana kekurangan yang ada pada dirinya.
4. Orang yang bersyukur menafaatkan apa yang telah dikurniakan kepadanya sebaik mungkin sebagai suatu nikmat dari Allah.
5. Orang-orang yang bersyukur akan mudah dalam pergaulan dan disenangi masyarakat.

BERSYUKURLAH …

Bersyukurlah karena engkau tidak memiliki semua yang diinginkan. Jika engkau memiliki semuanya, apa lagi yang hendak dicari ?

Bersyukurlah atas masa-masa sulit yang engkau hadapi. Karena selama itulah engkau tumbuh menjadi dewasa

Bersyukurlah atas setiap tantangan baru. Karena hal itu akan membangun kekuatan dan karaktermu

Bersyukurlah atas kesalahan-kesalahan yang engkau perbuat. Karena hal itu memberimu pelajaran yang sangat berharga

Bersyukurlah ketika engkau lelah dan tak berdaya. Karena berarti engkau telah membuat suatu perbedaan

Adalah mudah untuk bersyukur atas hal-hal yang baik, adapun kehidupan yang bermakna adalah bagi mereka yang juga bersyukur atas kesulitan yang dihadapi

Rasa syukur bisa mengubah hal negatif menjadi positif. Berusahalah bersyukur atas kesulitan yang engkau hadapi. Sehingga kesulitan itu akan menjadi berkah bagi dirimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar